Artikel

Simulas Ke 2 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

    Dibaca 297 kali

Sebanyak 36 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Tanggamus mengikuti Simulasi Ke 2 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Simulasi UNBK ini berlangsung selama 2 Hari  dimulai Rabu, (14/2/2018) hingga Kamis 15 Februari 2018. Kegiatan simulasi ini adalah merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka persiapan menghadapi UNBK Utama yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 April  s.d. 26 April 2018.

Tujuan Pelaksanaan simulasi ini adalah melatih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan UNBK. Mulai dari petugas, seperti Proktor, Teknisi, Pengawas, Kepala sekolah dan siswa sebagai peserta ujian. Sehingga ketika UNBK yang sebenarnya semua yang terlibat dalam UNBK dapat melaksanakan tugas dengan sebaiknya. Dan ketika adalah kendala teknis dapat langsung diatasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sendiri menjadwalkan simulasi UNBK akan dilakukan sebanyak 3 Kali. Dimana simulasi ke 1 sudah dilaksanakan pada akhir November 2017, simulasi ke 2 tgl 14 s.d. 1 November 2018, dan simulasi ke 3 akan dilaksanakan pada akhir Maret 2018.

Pemerintah Pusat sendiri mentargetkan di tahun pelajaran 2017/2018 ini 70% untuk Jenjang SMP/MTs sudah melaksanakan UNBK. Adapun di Kabupaten Tanggamus sendiri baru 32 % SMP/MTs yang baru melaksanakan UNBK. Hal ini terkendala dikarnakan fasilitas sarana belum memadai. Dimana setiap sekolah yang akan melaksanakan UNBK harus memiliki 1/3 komputer dari peserta ujian disekolah tsb. Selain komputer sarana lain seperti listrik, akses internet merupakan sarana penting lain untuk penunjang pelaksanaan UNBK.

Namun sebenarnya bagi sekolah yang belum ada sarana prasana melaksanakan UNBK, sekolah dapat menumpang ke sekolah lain atau sekolah jenjang lain seperti menumpang ke SMA/MA atau SMK dalam melaksanakan Ujiannya.

Secara umum pelaksanaan simulasi ke-2 ini berjalan lancar, walaupun ada kendala, seperti proses singkron soal, rilis token peserta ujian, tetapi kendala tersebut dapat diatasi. Semoga pelaksanaan simulasi dapat menjadi pelajaran bagi sekolah pelaksana UNBK khususnya dan Sekolah lain pada umumnya, sehingga pelaksanaan UNBK Utama pada bulan April nanti dapat berjalan dengan lancar. Aamiin..