Tugas Pokok dan Fungsi

TUPOKSI DINAS PENDIDIKAN TAHUN 2017

 

  1. Kepala Dinas

Tugas Pokok: membantu Bupati dalam menyelenggarakan pengkoordinasian,  merumuskan kebijakan  pelayanan teknis, memberikan perizinan, membina penyelenggaraan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK), pendidikan dasar, serta  sarana  dan  prasarana  pendidikan   berdasarkan asas otonomi.

Fungsi :

  • Pengkoordinasian perumusan dan penyusunanprogram kerja Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Perumusan visi dan misi Dinas untuk mendukung visi dan misi Daerah;
  • Penetapan rencana strategik dan program kerja Dinas sesuai dengan visi dan misi Daerah;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan program kerja dan kegiatan Sekretaris dan Bidang;
  • Penetapan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan sesuai bidang tugasnya;
  • Pembinaan, pelaksanaan teknis kegiatan dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pembinaan, pengawasan dan pengendalian tugas bawahannya;
  • Pembinaan, pengelolaan administrasi umum, perencanaan dan keuangan;
  • Pembinaan dan pengembangan karir pegawai Dinas;
  • Pembinaan pelayanan kepada masyarakat sesuai bidang tugasnya serta dalam rangka kepentingan Daerah;
  • Pendistribusian tugas-tugas kepada bawahan menurut prinsip-prinsip manajemen;
  • Pembinaan dan pengembangan Unit Pelaksana Teknis Dinas;
  • Memfasilitasi peran serta masyarakat di bidang pendidikan;
  • Mendayagunakan program teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pendidikan;
  • Pelaksanaan laporan pertanggungjawaban tugas Dinas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, termasuk Laporan Akuntabilitas  Kinerja  Instansi Pemerintah (LAKIP).
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati;

 

  1. Sekretaris

Tugas Pokok : Membantu   Kepala   Dinas   menyelenggarakan   tugas pelayanan   teknis   adminisratif kesekretariatan   yang meliputi   urusan   umum,   perlengkapan, kepegawaian,keuangan, perencanaan, monitoring, evaluasi, hubungan masyarakat dan kerja sama antar lembaga.

 

 

Fungsi :

  • Penyiapan bahan visi dan misi Dinas;
  • Perumusan program kerja dan rencana kegiatanDinas berdasarkan visi dan misi Dinas;
  • Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknisDinas
  • Penyelenggaraan urusan kesekretariatan;
  • Penyiapan bahan referensi kegiatan Dinas;
  • Pembinaan dan pengendalian administrasi keuangan, umum, perelengkapan dan penyusunan program Dinas;
  • Penyiapan bahan penyusunan rencana kebutuhan belanja langsung/modal dan tidaklangsung/operasional;
  • Penyusunan rencana kebutuhan barang Dinas;
  • Pemeliharaan dan pemanfaatan barang inventaris Dinas;
  • Penelaahan dan pengkajian konsep naskah dinas dan produk hukum lingkup Dinas;
  • Penyelenggaraan pelayanan kehumasan;
  • Penyiapan kegiatan rapat dan kegiatan lainnya pada Dinas;
  • Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis kegiatan UPT Dinas;
  • Memberikan layanan teknis dibidang umum, perlengkapan, keuangan dan penyusunan program;
  • Mengkoordinasikan penyusunan kebutuhan dan pengembangan tenaga teknis, fungsional dantenaga kependidikan di lingkungan Dinas dan UPT Dinas;
  • Mengkoordinasikan, memonitor, melakukan pengendalian, pelaksanaan pengelolaan keuangan, perlengkapan, kesektariatan, hukum,   hubungan masyarakat, kerja sama antarlembaga;
  • Pengkoordinasian, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas bawahan;
  • Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala;
  • Penyiapan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas.

 

  • Sub Bagian Umum dan Perlengkapan;

Tugas Pokok   

Membantu Sekretaris melaksanakan penyelenggaraan kesekretariatan, perelengkapan kantor dan kerumahtanggaan Dinas.

Fungsi :         

  • Menyusun perencanaan kebijakan teknis dan perencanaan anggaran Sub Bagian  Umumdan Perelengkapan;
  • Pelayanan kesekretariatan;
  • Penyusunan rencana kebutuhan alat dan perlengkapan Dinas;
  • Pendistribusian barang di lingkungan Dinas;
  • Penyelenggaraan pengadaan barang untuk kebutuhan tertentu di lingkungan Dinas;
  • Pemeliharaan, pengendalian dan pemanfaatan barang inventaris Dinas;
  • Pemeliharaan kebersihan, keindahan dan kenyamanan ruangan perkantoran Dinas;
  • Penyusunan bahan-bahan penelaahan konsep surat dinas, naskah dinas dan produk hukum dalam lingkup Dinas;
  • Penyelenggaraan tata laksana perkantoran Dinas;
  • Pengelolaan ruang data, ruang arsip, ruang rapat dan akomodasi rapat Dinas;
  • Penyelenggaraan hubungan masyarakat;
  • Penyelenggaraan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan perawatan gedung dan perabot di lingkungan Dinas;
  • Penyelenggaraan daftar inventaris tanah, gedung dan perabot Dinas;
  • Melaksanakan stock opname barang perlengkapan;
  • Memberikan informasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Dinas;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah atasan.

 

  • Sub Bagian Penyusunan Program, Monitoring dan Evaluasi;

Tugas Pokok

Membantu Sekretaris menyiapkan rencana kegiatan berkala Dinas, UPT Dinas, monitoring dan evaluasi kegiatan.

Fungsi

  • Menyusun perencanaan kebijakan teknis dan perencanaan anggaran Sub Bagian  Perencanaan,Evaluasi dan Pelaporan;
  • Penyiapan data bahan penyusunan perencanaanprogram dan kegiatan Dinas dan UPT Dinas;
  • Penyusunan data bahan pedoman dan petunjukteknis di bidang perencanaan kegiatan;
  • Pengelolaan bahan referensi kegiatan Dinas;
  • Penyiapan data hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan Dinas;
  • Penyelenggaraan evaluasidan monitoring pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;
  • Penyiapan bahan penyusunan visi dan misi Dinas
  • Pelaksanaan inventarisasi permasalahan penyelenggaraan program dan kegiatan;
  • Pengumpulan dan pengolahan data laporan hasil kegiatan Dinas;
  • Pengkoordinasian dan pelaksanaan penyusunan profil pendidikan;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan kegiatanDinas;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai dengan bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah atasan.

 

  • Sub Bagian Keuangan.

Tugas Pokok

Membantu Sekretaris menyiapkan bahan penyusunan rencana Keuangan di lingkungan Dinas dan UPT Dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fungsi

  • Menyusun perencanaan kebijakan teknis dan perencanaan anggaran Sub Bagian Keuangan;
  • Menyusun, menganalisa rencana anggaran rutin, belanja modal, belanja operasional Dinas dan UPT Dinas;
  • Mengelola keuangan Dinas dan UPTDinasyangmeliputi penerimaan, penyimpanan,pengeluaran,pertanggungjawaban dan pembukuan;
  • Menguji kebenaran setiap dokumen keuangan;
  • Melakukan pembayaran gaji pegawai, rekening listrik, telepon dan air;
  • Mengkoordinasikan dengan bidang teknis dalammelakukan pembayaran insentif guru;
  • Mempersiapkan laporan periodik tentang pengeluaran keuangan serta memonitor pelaksanaan anggaran;
  • Mencatat, mengolah dan menganalisa data hasil monitor pelaksanaan anggaran;
  • Menyajikan data pelaksanaan anggaran;
  • Menghimpun peraturan perundangan-undangan yang menyangkut bidang keuangan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah atasan.

 

  1. BidangGuru dan Tenaga Kependidikan

Tugas Pokok

Membantu Kepala Dinas Pendidikan  melaksanakan  kewenangan Dinas dalam penyusunan bahan kebijakan, pelaksanaan kebijakan teknis, pelaksanaan bimbingan teknis, pengurusan dan pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan yang meliputi Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan  Pendidikan Anak Usia Dini, serta Promosi dan Mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan.

Fungsi

  • Penyusunan rencana kerja bidang secara berjangka sesuai visi dan misi Dinas;
  • Perumusan dan penjabaran kebijakan teknis Dinas dibidang Guru dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Pendidikan Anak Usia Dini, serta Promosi dan Mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya.
  • Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan pelaksanaan tugas seksi dibawahnya;
  • Pemberian petunjuk administratif dan operasional pelaksanaan tugas kepada seksi di bawahnya;
  • Penyusunan jadwal kegiatan operasional sesuai kebutuhan;
  • Pemberian pelayanan kepada masyarakat umum bidang Guru dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Pendidikan Anak Usia Dini, serta Promosi dan Mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan;
  • Pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan Guru dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Pendidikan Anak Usia Dini, serta Promosi dan Mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan sesuai dengan peraturanperundang-undangan yang berlaku;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman Guru dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Pendidikan Anak Usia Dini, serta Promosi dan Mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan;
  • Penyiapan bahan penyusunan rencana strategis bidang Guru dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Pendidikan Anak Usia Dini, serta Promosi dan Mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan;
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkup tugasnya;
  • Penyiapan bahan laporan Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Penyiapan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah atasan;

 

  • Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;

TugasPokok

Membantu Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan penjabaran kebijakan teknis dibidang Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

Fungsi

  • Penyusunan langkah kegiatan seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan membuat uraian tugas masing-masing staf;
  • Pengumpulan, pengolahan, analisa data dan informasi di seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan dan pengembangan peningkatan kualifikasi dan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan distribusi, memfasilitasi usulan sekolah yang akan menerima bantuan/subsidi Guru;
  • Pelaksanaan evaluasi hasil seluruh kegiatan seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang ditugaskan atasan.

 

  • Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;

TugasPokok

Membantu Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan penjabaran kebijakan teknis dibidang Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini.

Fungsi

  • Penyusunan langkah kegiatan seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan membuat uraian tugas masing-masing staf;
  • Pengumpulan, pengolahan, analisa data dan informasi di seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan dan pengembangan peningkatan kualifikasi dan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan distribusi, memfasilitasi usulan sekolah yang akan menerima bantuan/subsidi Guru;
  • Pelaksanaan evaluasi hasil seluruh kegiatan seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang ditugaskan atasan.

 

  • Kepala Seksi Promosi dan Mutasi;

TugasPokok

Membantu Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan penjabaran kebijakan teknis dibidang Promosi dan Mutasi.

Fungsi

  • Penyusunan langkah kegiatan seksi Promosi dan Mutasi dan membuat uraian tugas masing-masing staf.
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data dan informasi di bidang Promosi dan Mutasi;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang Promosi dan Mutasi;
  • Pelaksanaan penempatan, kebutuhan dan mutasi Guru dan Tenaga Kependidikan;
  • Pengelolaan urusan   administrasi   kepegawaian termasuk  angka  kredit  jabatan  guru,  kenaikan pangkat,    kenaikan   gaji   berkala,   cuti   pegawai, dan Tenaga Kependidikan lainnya;
  • Mengusulkan pemberian  penghargaan  tanda  jasa dan kesejahteraan pegawai;
  • Pengumpulan bahan  penyusunan  LAKIP  Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan evaluasi hasil seluruh kegiatan seksi Promosi dan Mutasi;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang ditugaskan atasan.

 

 

  1. Bidang Pendidikan Dasar (DIKDAS)

Tugas Pokok

Membantu Kepala Dinas Pendidikan  melaksanakan  kewenangan Dinas dalam penyusunan bahan kebijakan, pelaksanaan kebijakan teknis, pelaksanaan bimbingan teknis, pengurusan dan pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar  yang meliputi Sekolah Dasar (SD)  dan  Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Fungsi

  • Penyusunan rencana kerja bidang secara berjangka sesuai visi dan misi Dinas;
  • Perumusan dan penjabaran kebijakan teknis Dinas dibidang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama(SMP)
  • Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan pelaksanaan tugas seksi dibawahnya;
  • Pemberian petunjuk administratif dan operasional pelaksanaan tugas kepada seksi di bawahnya;
  • Penyusunan jadwal kegiatan operasional sesuai kebutuhan;
  • Pemberian pelayanan kepada masyarakat umum bidang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama(SMP);
  • Pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sesuai dengan peraturanperundang-undangan yang berlaku;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman kelembagaan serta kurikulum SD dan SMP;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis, pengurusan dan pembinaan SD dan SMP;
  • Penyiapan bahan penyusunan rencana strategis bidang pendidikan SD dan SMP;
  • Pelaksanaan peningkatan akses dan pemerataan serta kualitas pengelolaan SD dan SMP;
  • Pelaksanaan peningkatan wajib belajar SD dan SMP yang bermutu;
  • Pelaksanaan pembinaan manajemen pendidikan berbasis sekolah (MBS);
  • Pelaksanaan kurikulum nasional;
  • Penyiapan, penyusunan, dan implementasi kurikulum muatan lokal;
  • Penyiapan bahan penilaian hasil belajar siswa SD dan SMP;
  • Penyiapan bahan pemberian izin penyelenggaraan sekolah;
  • Penyelenggaraan bimbingan dan pengendalian kegiatan SD, SMP;
  • Pelaksanaan pembinaan SD dan SMP;
  • Pelaksanaan pendayagunaan potensi dan usaha pengembangan teknologi informasi untuk kelancaran proses belajar mengajar dan pengelolaan pendidikan bidang SD dan SMP;
  • Pelaksanaan dan pengembangan soal ujian, tes, bahan evaluasi sesuai kurikulum yang berlaku bidang SD dan SMP;
  • Pelaksanaan hubungan kerjasama dengan perangkat Daerah terkait;
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkup tugasnya;
  • Penyiapan bahan laporan Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Penyiapan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah atasan;

 

  • Kepala Seksi Kurikulum Sekolah Dasar;

TugasPokok

Membantu Kepala Bidang Pendidikan Dasar melaksanakan penjabaran kebijakan teknis dibidang pembinaan Sekolah Dasar.

Fungsi

  • Penyusunan langkah kegiatan seksi Sekolah Dasar, membuat uraian tugas masing-masing staf;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisa data dan informasi di seksi Sekolah Dasar;
  • Penyusunan kalender pendidikan;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis kegiatan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan pembinaan kurikulum nasional dan muatan lokal;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis dan pengendalian kegiatan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian hasil belajar Sekolah Dasar;
  • Penyiapan bahan persyaratan izin penyelenggaraan Sekolah Dasar;
  • Penyiapan bahan koordinasi dengan pejabat fungsional untuk melaksanakan kesinambungan kegiatan belajar, pembinaan, pengawasan, supervise penyelenggaraan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan program tindak lanjut kegiatan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi hasil kegiatan pembinaan di SD;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

 

  • Kepala Seksi Kurikulum Sekolah Menengah Pertama;

TugasPokok

Membantu Kepala Bidang Pendidikan Dasar melaksanakan penjabaran kebijakan teknis di bidang pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Fungsi

  • Penyusunan langkah kegiatan seksi Sekolah Menengah Pertama, membuat uraian tugas masing-masing staf;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisa data dan informasi di seksi Sekolah Menengah Pertama;
  • Penyusunan kalender pendidikan;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis kegiatan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan pembinaan kurikulum nasional dan muatan lokal;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis dan pengendalian kegiatan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian hasil belajar Sekolah Menengah Pertama;
  • Penyiapan bahan persyaratan izin penyelenggaraan Sekolah Menengah Pertama;
  • Penyiapan bahan koordinasi dengan pejabat fungsional untuk melaksanakan kesinambungan kegiatan belajar, pembinaan, pengawasan, supervise penyelenggaraan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan program tindak lanjut kegiatan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi hasil kegiatan pembinaan di SMP;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

 

  • Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Informasi Pendidikan Dasar;

TugasPokok

Membantu Kepala Bidang Pendidikan Dasar melaksanakan penjabaran kebijakan teknis di bidang pembinaan pengembangan teknologi informasi pendidikan dasar.

Fungsi

  • Penyusunan langkah kegiatan seksi Pengembangan Teknologi Informasi Pendidikan Dasar, membuat uraian tugas masing-masing staf.
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data dan informasi di bidang Pendidikan Dasar;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang Pengembangan Teknologi Informasi Pendidikan Das;
  • Pelaksanaan pembinaan Operator Data Pokok Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu Operator Data Pokok Pendidikan Dasar;
  • Pelaksanaan evaluasi hasil seluruh kegiatan seksi Pengembangan Teknologi Informasi Pendidikan Dasar;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaksanaan tugas lain yang ditugaskan atasan.

 

  1. BidangPAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK)

Tugas Pokok

Membantu kepala Dinas Pendidikan  melaksanakan kewenangan Dinas dalam penyusunan bahan kebijakan teknis, pelaksanaan kebijakan teknis dan pembinaan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan PKLK.

Fungsi

  • Menyusun perencanaan kebijakan teknis bidang secara berjangka sesuai visi dan misi Dinas;
  • Perumusan penjabaran kebijakan teknis Dinas dibidang PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan pelaksanaan tugas seksi di bawahnya;
  • Pemberian petunjuk administratif dan operasional pelaksanaan tugas kepada seksi dibawahnya;
  • Penyusunan jadwal kegiatan operasional sesuai kebutuhan;
  • Pemberian pelayanan kepada masyarakat umum dibidang PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Penyelenggaraan Pendidikan dibidang PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan kebijakan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur, dan pedoman dibidang PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan bimbingan teknis, pengurusan, dan pembinaan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan peningkatan akses, pemerataan pelayanan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan peningkatan kualitas pengelolaan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan peningkatan mutu hasil belajar, relevansi program, kurikulum PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan penyelenggaraan standarisasi teknis, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur dibidang PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan kurikulum nasional PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan penetapan kurikulum nasional PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan peningkatan peran serta, pemberdayaan potensi masyarakat dalam penyelenggaraan, pembinaan, pengembangan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan pendidikan berbasis masyarakat;
  • Pelaksanaan, penyiapan, penetapan syarat dan pemberian izin penyelenggaraan PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan akreditasi lembaga PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan penilaian hasil belajar, pengujian, uji kompetensi dan sertifikasi PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan hubungan kerjasama dengan perangkat Daerah terkait;
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiaan dalam lingkup tugasnya;
  • Penyiapan bahan laporan Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Penyiapan bahan laporan bulanan, triwulanan, dan tahunan atau setiap saat diperlukan;
  • Penyiapan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  • Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini

Tugas Pokok

Membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan penjabaran kebijakan teknis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Fungsi :

  • Penyusunan rencana kerja dan rencana anggaran seksi PAUD;
  • Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data dan informasi Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis, pengendalian kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Penyelenggaraan hubungan kerjasama peran serta masyarakat dalam rangka pelaksanaan, pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian hasil belajar Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Pelaksanaan pengawasan pengendalian dan evaluasi hasil kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  • Kepala Seksi Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan

Tugas Pokok

Membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan penjabaran teknis dibidang pembinaan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan.

Fungsi :

  • Penyusunan rencana kerja dan rencana anggaran seksi Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data dan informasi PendidikanKhusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Penyusunan kalender Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis dan pengendalian kegiatan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaksanaan pembinaan dan pengendalian kurikulum Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaksanaan ujian nasional Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Penyelenggaraan hubungan kerjasama dalam rangka pembinaan dan pengembangan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaksanaan pembinaan, peningkatan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaksanaan pengurusan izin penyelenggaraan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan serta pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM);
  • Pelaksanaan kegiatan akreditasi lembaga Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan serta PKBM;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian hasil belajar, pengujian/ uji kompetensi dan sertifikasi Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan serta PKBM;
  • Pelaksanaan distribusi hasil ujian nasional Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Kesetaraan;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  • Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Dikmas).

Tugas Pokok

Membantu Kepala Bidang melaksanakan penjabaran kebijakan teknis dibidang Pendidikan Masyarakat berupa Pendidikan Keaksaraan, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Pembinaan Kursus yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Fungsi :

  • Penyusunan rencana kerja dan rencana anggaran seksi pendidikan masyarakat dan kursus;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaandatadaninformasi pendidikan masyarakat dan kursus;
  • Penyusunan langkah kegiatan seksi pendidikan masyarakat dan kursus;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis pendidikan masyarakat dan kursus;
  • Pelaksanaan kegiatan standarisasi teknis, norma, kriteria, prosedur dan pedoman pendidikan masyarakat dan kursus;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis, pengendalian kegiatan pendidikan masyarakat dan kursus;
  • Pelaksanaan pembinaan pendidikan masyarakat dan kurikulum silabus standar nasional kursus;
  • Pelaksanaan penilaian ketuntasan melekaksanakan kegiatan pendidikan masyarakat;
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan uji kompetensi kursus;
  • Penyelenggaraan hubungan kerjasama dalam rangka pembinaan dan pengembangan pendidikan masyarakat, kursus dan pendidikan kecakapan hidup (life skill);
  • Pelaksanaan pembinaan, peningkatan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan masyarakat dan tenaga pendidik kursus;
  • Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan kursus;
  • Pelaksanaan kegiatan penilaian hasil belajar, pengujian/uji kompetensi dan sertifikasi pendidikan keaksaraan dan kursus;
  • Pelaksanaan distribusi hasil belajar melekaksanakan ujian kompetensi pendidikan kursus;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  1. Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan (SARPRAS)

Tugas Pokok

Membantu Kepala Dinas melaksanakan kewenangan dalam penyusunan bahan kebijakan, pelaksanaan kebijakan teknis, pengurusan pembinaan prasarana dan sarana pendidikan yang meliputi pemeliharaan dan perbaikan/ rehabilitasi prasarana pendidikan serta pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan sarana pendidikan.

Fungsi

  • Menyusun perencanaan kebijakan teknis bidang secara berjangka sesuai visi dan misi Dinas;
  • Perumusan penjabaran kebijakan teknis Dinas dibidang sarana dan prasarana pendidikan;
  • Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan pelaksanaan tugas kepada seksi dibawahnya;
  • Pemberian petunjuk administratife dan operasional pelaksanaan tugas kepada seksi dibawahnya;
  • Penyusunan jadwal kegiatan operasional sesuai kebutuhan;
  • Pelaksanaan pengurusan dan pembinaan dibidang sarana dan prasarana pendidikan dan teknologi informasi;
  • Pelaksanaan penyiapan sarana dan prasarana dalam rangka peningkatan mutu wajib belajar,peningkatan akses dan pemerataan pendidikan;
  • Pengkoordinasian kebutuhan pengadaan, pemeliharaan, perbaikan sarana dan sarana pendidikan;
  • Pelaksanaan penyiapan usul dan rencana pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan;
  • Penyusunan standar prasarana kantor Dinas,UPT satuan pendidikan ;
  • Pelaksanaan pengawasan, bimbingan dan pengendalian serta evaluasi kegiatan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan;
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaskanaan kegiatan dalam lingkup tugasnya;
  • Penyiapan bahan laporan Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Penyiapan bahan laporan bulanan, triwulanan, dan tahunan atau setiap saat diperlukan;
  • Penyiapan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  • Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;

Tugas Pokok

Membantu Kepala Bidang melaksanakan penjabaran kebijakan teknis bidang sarana prasarana pendidikan SD meliputi pengadaan, pemeliharaan, perbaikan/ rehabilitasi sarana prasarana pendidikan.

Fungsi

  • Membantu Kepala Bidang dalam pengembangan sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data dan informasi dibidang sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanan usul pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan/rehabilitasi sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanan kegiatan pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan/rehabilitasi sarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan standarisasi sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan pengkajian, pendayagunaan dan peningkatan sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pelaksanaan pelayanan teknis dan administratif dibidang pemeliharaan dan perbaikan/rehabilitasi sarana prasarana Pendidikan Sekolah Dasar;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  • Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama;

Tugas Pokok

Membantu Kepala Bidang melaksanakan penjabaran kebijakan teknis bidang sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama meliputi pengadaan, pemeliharaan, perbaikan/rehabilitasi sarana prasarana pendidikan.

Fungsi

  • Membantu kepala Bidang dalam pengembangan sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, pelaporan data dan informasi asset sarana dan prasarana di bidang Sekolah menengah Pertama;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan usulan pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan / rehabilitasi sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan kegiatan pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan/ rehabilitasi sarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan standarisasi sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan pengkajian, pendayagunaan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaksanaan pelayanan teknis dan administrative dibidang pemeliharaan dan perbaikan/ rehabilitasi sarana prasarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.

 

  • Kepala Seksi Sarana dan Prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK).

Tugas Pokok

Membantu Kepala Bidang melaksanakan penjabaran kebijakan teknis bidang sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) meliputi pengadaan, pemeliharaan, perbaikan/ rehabilitasi sarana prasarana pendidikan.

Fungsi

  • Membantu Kepala Bidang dalam pengembangan sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data dan informasi dibidang sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis dibidang sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanan usul pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan/ rehabilitasi sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanan kegiatan pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan/ rehabilitasi sarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan standarisasi sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan pengkajian, pendayagunaan dan peningkatan sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaksanaan pelayanan teknis dan administrative dibidang pemeliharaan dan perbaikan/ rehabilitasi sarana prasarana PAUD, Dikmas, Kesetaraan dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK);
  • Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang;
  • Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.